Jumat, 18 Agustus 2017

ETA TERANGKANLAH APA SIH?. - SOCIAL EXPERIMENT

ETA TERANGKANLAH APAAN SIH?

Beberapa minggu yang lalu saya bingung dengan kata " Eta ternagkanlah " yang menjadi viral di media social. Setelah saya telusuri ternyata ini sebuah plesetan dari lagu Opick, yang ada lirik lagunya " Terangkanlah".

Awalnya seh dari lagu itu, tapi plesetannya di buat tarian tarian yang bikin ngakak. bahkan beberapa youtuber seperti Ria ricis memposting di akun youtubenya dan berhasil di tonton jutaan viewer. 




Sementara itu, kata 'eta' secara harfiah berarti 'itu' atau kata petunjuk sesuatu. Ia mengatakan kata 'eta' di dalam kalimat 'eta terangkanlah' dianggap sebagai verbal intensifiers, yaitu semacam kata bantu penguat kata kerja di depannya sehingga tidak ada artinya. Hal ini berkaitan dengan kebiasaan orang Sunda yang menambahkan kata bantu sebagai penguat kata kerja di depan kata. ( sumber detik.com ).

Untuk mengungkap kata viral ini  saya mencari tahu dengan mengajukan pertanyaan kebeberapa orang mengenai " Eta terangkanlah". Pertanyaan ini adalah social experiment yang bertujuan sebagai informasi dan hiburan. mau tau pendapat orang orang mengenai Eta terangkanlah, silahkan klik video dibawah ini.